5 Kemungkinan Yang Mengerikan Jika Ponsel Android Di ROOT!

Android Virus

ROOT adalah salah satu cara untuk bisa menikmati beberapa fitur “ekstra” yang tidak dapat digunakan pada ponsel yang belum di ROOT. Fungsi ROOT sendiri ialah membuka akses administrator pada ponsel Android dan memungkinkan untuk memodifikasi sistem Android.

Sebenarnya, beberapa merek dan tipe ponsel Android sudah diproteksi agar susah untuk di ROOT seperti Samsung J5 atau Xiaomi Redmi 2 Prime yang tidak mudah untuk di tembus permission-nya untuk di ROOT (kecuali di pc, itu mudah ya). 😀

Lain lagi dengan user yang selalu ingin tahu lebih dalam mengenai sistem Android dan manfaat dari ROOT. Jika disebutkan, mungkin sangat banyak manfaat dari ROOT dan salah satu yang paling diminati orang adalah untuk menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak diinginkan (bloatware) serta meng-install aplikasi tweak dari pihak ke-3 seperti Xposed atau TWRP.

Tapi tahukan sobat bahwa melakukan ROOT pada ponsel Android sangatlah berbahaya?

Ya, dengan hak akses istimewa (ROOT) sobat akan menjadi administrator pada ponsel. Bila sudah ter-ROOT dan sobat meng-install aplikasi atau game yang berbayar tapi gratis (cracked) ada kemungkinan penyusup dengan mudahnya masuk ke sistem ponsel sobat dengan memanfaatkan akses ROOT yang sudah terbuka.

Ko bisa?

Android adalah sistem operasi terbuka yang siapa saja boleh menggunakan dan mempelajari cara kerjanya lengkap beserta kode sumbernya yang dibuat open-source (tidak di enkripsi). Maka dari itu, banyak hacker memanfaatkan momen ini untuk menyusup masuk ke sistem Android korbannya dengan cara memanfaatkan ROOT yang terbuka sebagai jalan pintu masuk mereka.

Virus atau Spyware bisa saja ditanamkan (install) pada ponsel tanpa diketahui pemiliknya jika akses ROOT sudah berjalan, biasanya virus ini terlebih dahulu menghentikan aktifitas scanning dari antivirus dan google protect services agar dirinya tidak terdeteksi. Terkadang ada virus yang juga mengoperasikan Firewall agar tidak terdereksi oleh server google lho (benar-benar hebat ya yang buat).

Kebanyakan pakar keamanan termasuk Google (pemilik dari Android Inc.) menganjurkan untuk tidak melakukan ROOT pada setiap pemilik ponsel Android. Selain mengakibatkan garansi yang hangus juga dapat menyebabkan malapetaka untuk penggunanya jika tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang teknologi yang mempuni.

 

5 Kemungkinan Yang Mengerikan Jika Ponsel Android Di ROOT


 

1. Mudah Terinfeksi Virus

Virus sangat mudah menginfeksi dan menyembunyikan dirinya jika ponsel sudah berstatus ROOT.
 

2. Mudah Dimata-Matai

Selain mudah terinfeksi virus, ponsel Android yang sudah di ROOT juga gampang dimata-matai dengan memanfaatkan Spyware sebagai alat untuk mengontrol seluruh katifitas dan seisi ponsel dari jarak jauh (remote).

Bukan hanya aktifitas saja, tapi kamera dan mikrofon juga bisa di sadap oleh hacker menggunakan spyware yang di remote dari jarak jauh menggunakan internet.
 

3. Mudah Terinfeksi ROOTKIT

ROOTKIT ialah jenis kode yang berfungsi menyembunyikan aktifitas virus atau malware, jadi setiap antivirus menemukan ROOTKIT, itu tidak akan terdeteksi sebagai virus atau malware dan dianggap aman. ROOTKIT dapat menyebar luaskan dirinya melalui jaringan internet yang sama tanpa terdeteksi oleh firewall.
 

4. Data Perbankan Mudah Dicuri

Satu hal paling mengerikan yang ditakuti pengguna gadget adalah data login perbankan. Jika sobat sering berbelanja online atau bertransaksi online tentu saja akan mengetikkan data login di keyboard ponsel. Bagaimana jika keyboard tersebut merekam jejak ketikkan sobat seperti Key Logger pada pc? Hohoho mengerikan. Hal ini juga bisa terjadi di Android dengan memanfaatkan fitur background record dan log activity yang sudah diselipkan virus dan mengirimkannya ke server milik hacker.
 

5. Leaked Private Data (Data Pribadi Bocor)

Pernah baca berita di The Hacker News? Kalau sobat subscriber situs tersebut sudah pasti pernah baca yang namanya Leaked atau bisa di artikan pembocoran data rahasia ke publik. Beberapa contoh data yang di Leaked oleh hacker ternama adalah :

– Data Penting Pemerintahan / Keamanan Negara
– Data Penting Institusi / Lembaga / Organisasi
– Data Penting Pribadi / Artis / Orang Terkenal

Data pribadi seperti dokumen, foto, video, catatan, rekaman suara, dll bisa di kirim (upload) dari ponsel korban ke server milik hacker dengan memanfaatkan koneksi internet dan fitur sinkronisasi otomatis (Sync) yang sudah diinfeksi dan dimodifikasi sedemikian rupa oleh hacker.

Sebelum melakukan Leaked, hacker sudah menyisipkan virus ke ponsel Android korban dengan cara sederhana yaitu mengetahui merek ponsel, tipe ponsel dan lokasi korban.

Dengan begitu hacker akan lebih mudah memasang iklan (advertise) dan mem-filter tayangan iklannya tersebut berdasarkan jenis ponsel dan lokasi korban untuk di setting pada situs periklanan kemudian ditayangkanlah iklannya ke aplikasi sosmed (hampir rata-rata pemilik smartphone pasti menggunakan aplikasi sosmed). Setelah menyelipkan kode jahat pada gambar banner dan link iklannya hacker tinggal menunggu laporan (reporting) dari iklan yang ia pasang, apakah korban sudah masuk dalam daftar penonton iklan atau belum. Jika hacker beruntung, korban sudah melihat iklannya dan terinfeksi dalam sekejap. Kode jahat akan meulai memata-matai ponsel Android yang sudah di ROOT tanpa disadari dan tanpa konfirmasi.
 

Teknik ini adalah teknik paling berbahaya karena bisa menyerang korban yang ditargetkan. Termasuk teknik hacker paling fenomenal sepanjang sejarah karena belum ada penangkalnya.
 

Nah itulah 5 Kemungkinan Yang Mengerikan Jika Ponsel Android Di ROOT. Sebaiknya pertimbangkan dahulu sebelum melakukan ROOT jika tidak ingin hal-hal menakutkan diatas terjadi.
 

Artikel Terkait :

Aplikasi Terbaik Tanpa Iklan Yang Ada Di Play Store Siapa yang tidak jengkel dan repot jika aplikasi yang kita gunakan menampilkan iklan yang mengganggu. Saya sendiri kerepotan k...
Cara Atasi Sinyal Hilang Pada Xiaomi Redmi 2 Prime Jika sobat memiliki ponsel Redmi 2 Prime, tentu tahu betul apa yang akan terjadi jika melakukan flash rom atau upgrade rom. Ya...
Cara Download Gambar dan Video Instagram dari HP atau PC Seperti kita ketahui, Instagram kini menjadi salah satu situs sosial media paling terkenal di dunia. Hampir seluruh selebritis...
10 Antivirus Terbaik Untuk Android Di 2017 Mengingat penipuan aplikasi yang berisi malware di Google Play Store telah dilaporkan beberapa waktu lalu, saya pikir itu bija...
10 Ponsel Android Spek Tinggi Dibawah 2 Jutaan Berbicara soal ponsel pintar tak lengkap rasanya jika tidak membahas spesifikasinya. Spek yang semakin tinggi di ponsel pintar...
Bagikan artikel ini ke : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on Tumblr

SOGEL

Penjelajah internet dan pencari informasi terbaru mengenai kabar dunia teknologi. Membuat situs web adalah hobi dan kopi hitam adalah minuman kesukaan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *