Cara berbagi file dan folder dari Mac ke Windows

Berbagi file dan folder dari Mac OS X dengan Windows kini lebih mudah. Berkat dukungan OS X built-in untuk Microsoft Server Message Block (SMB) Protocol, yang memungkinkan akses baca / tulis ke komputer Windows dapat dilakukan dengan hanya beberapa tweak di System Preferences. Setelah menyelesaikan langkah-langkah dalam tutorial ini, sobat pengguna Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10 harus dapat melihat Mac pada jaringan lokal. Sobat akan dapat men-setup beberapa folder bersama, masing-masing dengan yang berbeda akses membaca / menulis. Mari kita lihat bagaimana hal ini dapat dilakukan.

CATATAN: Sebelum mengaktifkan shraing, periksa bahwa Mac adalah bagian dari workgroup yang sama seperti komputer yang sedang sobat gunakan.

Menyiapkan OS X untuk Berbagi dengan Windows
Mulailah dengan membuka menu Sharing di System Preferences. sobat dapat menemukannya di bagian Internet & Wireless

 

System Preferences

 

Di menu Sharing, centang kotak di samping File Sharing. Sobat juga dapat sharing DVD atau CD dan lainnya jika ingin, periksa kotak untuk layanan itu.

Ketika File Sharing diaktifkan, OS X akan menunjukkan alamat IP Mac sobat, seperti pada gambar di bawah. Selanjutnya, klik Options.

 

IP Mac

 

Di menu Options, centang kotak “Share files and folders using SMB (Windows)” dan “Share files and folders using AFP”.

Sobat juga bisa memilih akun pengguna yang akan memiliki akses sharing. Sobat perlu menggunakan akun pengguna ini saat menghubungkan dari Windows ke folder sharing Mac. Jika berbagi tidak diaktifkan untuk akun pengguna sobat tidak akan dapat menggunakan kredensial untuk terhubung ke folder sharing Mac dari Windows.

 

Workgroup Mac

 

Klik Done dan sobat kembali ke menu Sharing.

CATATAN: Pada titik ini, OS X mungkin meminta sobat untuk memasukkan password, untuk mengaktifkan file sharing. Masukkan saja passwordnya, jika diminta.

Klik tombol ‘+’ untuk menambahkan Folder Sharing.

 

Add Folder Sharing Mac

 

Finder akan terbuka dan telusuri folder yang sobat ingin berbagi dengan Windows dan klik Add.

 

Folder Sharing Finder

 

Setelah sobat menambahkan Folder Sharing, sobat dapat mengatur hak akses baca / tulis. Pergi ke bagian Pengguna dan, dikolom kanan, pilih izin yang ingin ditugaskan untuk setiap akun pengguna yang terdaftar. Sobat dapat memilih baca & tulis, baca saja, tulis saja atau tanpa akses.

 

Ijin Tulis dan Baca Mac

 

CATATAN: rute yang paling mudah adalah dengan hanya memilih akses baca / tulis ke orang. Namun, ini harus dilakukan hanya dalam jaringan yang dipercaya.

Menggunakan prosedur ini, sobat dapat menambahkan beberapa folder, masing-masing dengan yang berbeda izin. Ini berguna jika ingin mengatur hanya tulis (di mana beberapa pengguna dapat menyerahkan tugas atau dokumen ke dalam satu folder namun pengguna lain tidak dapat membacanya) atau baca saja untuk referensi, misalnya.

Ketika sobat selesai menambahkan folder bersama dan menyiapkan izin mereka, tutup menu Sharing dan System Preferences.

Setelah sobat menyelesaikan langkah-langkah di atas pada Mac, sekarang beralih ke Windows, harus memilih folder bersama di bawah jaringan di Windows Explorer atau File Explorer.

Mari kita lihat bagaimana mengakses mereka bekerja dari Windows 10. Untuk Windows 7 prosedur identik. Hanya terlihat dari Windows Explorer yang sedikit berbeda namun tetap sama.

Buka File Explorer dan klik Network. Di sana sobat akan melihat nama komputer lain pada jaringan yang sama, termasuk Mac sobat seniri (jika diaktifkan).

 

Mac Sogellizer

 

Jika sobat tidak dapat melihat nama komputer Mac, kemungkinan lupa untuk menambahkannya ke workgroup yang sama dengan komputer Windows.

Klik dua kali pada nama komputer Mac sobat maka akan diminta untuk memasukkan kredensial account pengguna berbagi file dan folder pada jaringan. Dalam kotak teks pertama, ketik nama Mac, diikuti dengan tanda “\” dan kemudian nama akun pengguna yang ada pada Mac. Perhatikan bagaimana masuknya Domain untuk nama Mac. Lalu, masukkan password account pengguna Mac dan klik OK.

CATATAN: Jika sobat tidak mengetik nama komputer Mac maka sobat tidak akan dapat mengakses folder shared. Juga, dapat menceklis “Remember my credentials”, jika sobat tidak ingin selalu memasukkan user account dan password.

Kemudian, shared folder Mac akan ditampilkan.

 

Shared Folder Windows and Mac

 

Sekarang sobat dapat berbagi file dan folder dari Mac ke Windows 🙂

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Yang Menarik :

Cara Mengatasi Komputer Yang Terinfeksi WannaCry Tak bisa di elak lagi virus komputer terbaru dan tercanggih yang menyerang ratusan ribu komputer di seluruh dunia ini sudah masuk ...
Panduan Lengkap Menggunakan Bluestacks 2 Beberapa waktu lalu Bluestacks merilis versi terbaru dari software berjenis emulator Android ini. Pada versi baru ini, Bluestacks ...
10 Antivirus Gratis dan Terbaik Untuk Komputer Perkembangan dunia teknologi semakin hari semakin canggih bahkan beberapa hal yang tidak mungkin kini telah menjadi mungkin atau s...
Cara Memainkan Game PS2 di PC Dengan PCSX2 Jika kamu ingin memainkan game PS2 di PC kamu, kini tidak pelu khawatir dan kesulitan PCSX2 akan membantu kamu dalam memainkannya ...
Never10: Software Untuk Menonaktifkan Auto Update WIndows 10 Banyak keluhan dari pengguna tentang Windows 7 dan 8.1 yang auto update ke Windows 10 tanpa mereka inginkan dan hal ini benar-...
Bagikan artikel ini ke : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on Tumblr

SOGEL

Penjelajah internet dan pencari informasi terbaru mengenai kabar dunia teknologi. Membuat situs web adalah hobi dan kopi hitam kadalah minuman kesukaan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *