Cara Cek Kecepatan Blog dan Website

Kecepatan saat memuat halaman blog atau website adalah faktor penting yang harus diperhatikan saat proses optimasi SEO. Terbukti, kebanyakan mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dll menyukai halaman yang dimuat dengan cepat. Dengan halaman yang cepat dimuat, bot mesin pencari dan manusia senang mengaksesnya.

Ada banyak penyebab lambatnya halaman saat di muat seperti :

– Server host terlalu jauh atau kualitas yang buruk
– Kode HTML terlalu banyak atau tidak teratur
– Kode CSS terlalu banyak dan tidak teratur
– Kode JavaScript banyak dan tidak teratur
– Gambar terlalu besar dan tidak dikompresi
– Konten dari situs luar yang bermasalah
– etc..

Google memiliki alat untuk mengecek kecepatan muat halaman yang bernama PageSpeed Insight dan alat ini termasuk andalan untuk memastikan kecepatan muat halaman yang akurat. Kebanyakan blogger dan webmaster mengandalkan alat tersebut untuk mengecek kecepatan blog dan website.

Selain PageSpeed buatan Google, ada banyak alat lain yang diciptakan oleh developer untuk mengecek kecepatan muat halaman dan beberapa diantaranya sudah cukup dikenal oleh publik yaitu :

 

1. GTMatrix

Pagespeed SOGELLIZER GTMatrix

GTMatrix adalah situs yang menyediakan alat untuk mengecek kecepatan blog dan website yang terbilang akurat. Situs GTMatrix dibuat oleh GT.net yaitu salah satu perusahaan penyedia server yang berlokasi di Kanada.

 

2. Pingdom

PageSpeed Pingdom

Sebagai salah satu anak perusahaan SolarWinds, Pingdom menyediakan fitur fetch halaman dan menjabarkan rinciannya dengan sangat jelas mulai dari HTML, CSS, JS, Host dan gambar yang dapat menyebabkan halaman blog dan website menjadi sangat lambat dimuat. Dengan alat dari Pingdom ini sobat bisa memngetahui masalah yang membuat halaman lambat untuk dimuat pada blog atau website.

Dengan beberapa situs diatas, sobat bisa mengecek kecepatan blog dan website serta mengetahui dari mana penyebab halaman sobat lambat untuk dimuat.

 

Solusi Pemecahan Masalah

Jika masalah terdapat pada HTML dan CSS sobat bisa memanfaatkan CDN gratis dari Cloudflare dan melakukan kompresi dengan Minify HTML dan CSS. Sedangkan untuk memperkecil ukuran file gambar tanpa merusak kualitas gambarnya bisa memanfaatkan TinyPNG atau Compressor sebagai alternatif. Khusus untuk masalah host yang memang memiliki koneksi buruk, sebaiknya sobat memperhatikan mana hosting yang benar-benar bagus untuk membuat blog atau website. Saya anjurkan untuk menggunakan VPS dari Vultr dan memilih lokasi Singapura sebagai server sobat.

Keuntungan memiliki halaman yang cepat dimuat adalah : blog atau website sobat akan cepat muncul di mesin pencarian dan bisa saja mengalahkan kompetitor di mesin pencari. Jadi, sebaiknya perhatikanlah kecepatan muat halaman saat membuat atau optimasi halaman web maupun blog.

Artikel Terkait Yang Menarik :

Cara Mendapatkan Kartu Prepaid Payoneer Payoneer adalah salah satu anak perusahaan MasterCard yang berlokasi di New York. Payoneer pertama kali muncul diranah online ...
3 Faktor Utama Penentu SEO Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO sangat penting dalam dunia blogger dan webmaster untuk menarik pengunjung ke...
Cara kirim uang dari Payoneer ke Skrill Seperti yang kita ketahui bahwa Payoneer adalah salah satu bank virtual yang mendunia dan fleksibel. Payoneer sendiri masih turuna...
Bukti Pembayaran PlugRush Februari 2016 PlugRush adalah salah satus situs penyedia layanan periklanan terkemuka yang banyak digunakan oleh pemilik situs mobile untuk mena...
5 Penyedia SSL Gratis Salah satu fitur keamanan untuk website saat ini adalah Secure Socket Layer (SSL) dimana website atau blog yang sudah terintegrasi...
Bagikan artikel ini ke : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on Tumblr

SOGEL

Penjelajah internet dan pencari informasi terbaru mengenai kabar dunia teknologi. Membuat situs web adalah hobi dan kopi hitam kadalah minuman kesukaan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *