Cara Mengatasi Komputer Yang Terinfeksi WannaCry

Tak bisa di elak lagi virus komputer terbaru dan tercanggih yang menyerang ratusan ribu komputer di seluruh dunia ini sudah masuk ke Indonesia pada awal bulai Mei 2017 dan sudah berhasil mengunci komputer-komputer korbannya.

Mengatasi Virus WannaCry

Seperti yang ditulis pada siaran press Kominfo yang mengatakan beberapa perusahaan dan organisasi telah melapor, beberapa diantaranya RS. Harapan Kita dan RS Dharmais. Mungkin masih banyak lagi korban yang tidak disebutkan atau mungkin tidak melapor.

Virus canggih ini memang belum ditemukan alat untuk menghapus atau mengusirnya dari komputer, akan tetapi ada cara sederhana yang bisa menghemat biaya kamu ketimbang membayar si peretas. Bayangkan, jika komputer kamu terinfeksi WannaCry, kamu diharuskan membayar $300 atau setara Rp 4jt dan harga itu akan terus meningkat jika waktu jatuh tempo telah lewat.

 

Apa itu WannaCry (WCry/Wanna Crypt)?

Cryptolocker WannaCry adalah malware atau virus keturunan Ransomware yang bersifat pemerasan. Kriteria WannaCry adalah meng-enkripsi atau mengunci seluruh file dan dokumen yang ada komputer. Bahkan tidak ada satupun antivirus yang benar-benar bisa mengatasinya. Virus ini menyebarkan dirinya sendiri melalui jaringan internet dan Local Area Network (LAN).

Mulai sekarang kamu wajib berhati-hati dalam mendownload file di internet dan jangan lupa untuk membaca panduan yang saya tulis sebelumnya dalam artikel Cara Mencegah Virus WannaCry agar kamu bisa terhindar dari virus yang sedang merajalela ini.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Virus WannaCry?

Think Menurut berbagai sumber yang saya baca, cara paling mudah dan cepat untuk mengatasinya adalah dengan mengganti harddisk komputer yang terinfeksi. Ya, dengan mengganti harddisk komputer bisa dijalankan kembali dengan normal karena WannaCry hanya menyerang file dan dokumen atau perangkat lunak lainnya dan tidak menyebabkan kerusakan pada hardware. Sayangnya, dengan mengganti harddisk berarti data-data kamu akan hilang tapi biaya yang kamu keluarkan untuk membuat komputer hidup kembali jauh lebih murah dibandingkan harga untuk membayar peretas.

Simulasi

Membayar si peretas = $300 / Rp 4jt

Ganti harddisk = $80 / Rp 1jt

Kamu bisa menghemat Rp 3jt dan cara tersebut lebih sederhana, cepat dan murah bukan?

Bagi kamu yang memiliki data penting di komputer dan takut data-data kamu hilang, kamu perlu bersabar beberapa minggu atau bahkan bulan. Perusahaan keamanan dan antivirus pasti akan menemukan solusi untuk membuka kunci dari virus WannaCry itu meskipun waktu yang dibutuhkan belum tau kapannya. Yang kamu butuhkan hanyalah kesabaran jika tidak ingin mengeluarkan uang. Sebaiknya belilah harddisk baru dan simpan harddisk lama kamu yang terinfeksi tersebut untuk digunakan kembali saat antivirus sudah bisa mengatasi WannaCry.

Beberapa perusahaan keamanan telah bergabung dan membuat satu komunitas dengan nama No More Ransom dimana komunitas ini di dalangi oleh kepolisian dan perusahaan keamanan seperti Interpol, Europol, Politie, Kaspersky, Intel Security, Bitdefender, Avast, Trendmicro dan banyak lagi. Menurut Europol, WannaCry adalah virus paling berbahaya yang pernah ada dalam sejarah. Hanya dalam waktu dua hari, mereka bisa menyebar hingga mengunci lebih dari 130.000 ribu komputer di seluruh dunia termasuk komputer milik pemerintahan.

Situs Resmi No More Ransom : https://www.nomoreransom.org

Disana kamu bisa mencari tau informasi terbaru atau menemukan cara untuk mengatasi virus jenis Ransomware seperti halnya WannaCry. Selain itu, mereka juga menyediakan beragam alat-alat canggih yang bisa men-decrypt file yang ter-encrypt oleh Ransomware. Kunjungi halaman ini untuk mengecek alat yang kamu butuhkan.

Sekedar informasi, jika kamu mengunakan komputer atau laptop di sekolah, kampus atau publik yang menggunakan jaringan WiFi publik atau jaringan internet yang sama dengan komputer lain yang sudah terinfeksi sebaiknya putuskan sambungan internet WiFi atau LAN kamu. Hal itu bisa menjauhkan komputer kamu dari terinfeksi virus WannaCry yang bisa kapan saja menyerang komputer pada jaringan yang sama.

Informasi yang saya dapatkan dari Kominfo untuk menangkal virus ini dengan cara :

1. Update antivirus secara rutin

2. Update Windows Security dengan menginstall Patch MS17-010 (Link : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx)

3. Jangan mengaktifkan fungsi Macros pada Microsoft Office

4. Non aktifkan fungsi SMB v1

5. Blokir port 139/445 & 3389

6. Rutin backup data (bisa ke harddisk eksternal atau penyimpanan awan seperti Google Drive milik Google atau Onedrive milik Microsoft)

Itulah cara sederhana untuk mengatasi virus WannaCry dan keluarga Ransomware lainnya.

Artikel Terkait Yang Menarik :

5 Penyedia Cloud Backup Gratis Masih ingat beberapa hari lalu mengenai malware yang berjenis ransomware? Jika kamu masih ingat, atau tau mengenai informasi terse...
Panduan Lengkap Menggunakan Bluestacks 2 Beberapa waktu lalu Bluestacks merilis versi terbaru dari software berjenis emulator Android ini. Pada versi baru ini, Bluestacks ...
5 Anti Ransomware Gratis Virus jenis Ransomware kini telah berkembang menjadi ancaman yang luar biasa selama setahun terakhir. Terlagi, jenis terbaru dari ...
Cara Memainkan Game PS2 di PC Dengan PCSX2 Jika kamu ingin memainkan game PS2 di PC kamu, kini tidak pelu khawatir dan kesulitan PCSX2 akan membantu kamu dalam memainkannya ...
5 Alternatif Pengganti Microsoft Office Bagi kamu yang bekerja di kantor, pasti kamu sangat bersahabat dengan software yang satu ini. Ya, Microsoft Office adalah salah sa...
Bagikan artikel ini ke : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on Tumblr

SOGEL

Penjelajah internet dan pencari informasi terbaru mengenai kabar dunia teknologi. Membuat situs web adalah hobi dan kopi hitam kadalah minuman kesukaan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *