Cara Mudah Install Linux Menggunakan USB Flashdisk

Selain menggunakan DVD original, Linux juga dapat diinstall dengan meudah melalui Flashdisk. Puluhan distro Linux kini sudah mendukung sistem mereka dapat dijalankan melalui Flashdisk tetapi, tidak semua Flashdisk bisa digunakan untuk menginstall Linux hanya Flashdisk yang mendukung USB 3.0 saja sebab, kecepatan baca dan tulis sangat berpengaruh pada saat proses penginstallan.

Lalu bagaimana cara menginstallnya ?

Ada beberapa software pembantu untuk menjadikan Flashdisk sebagai alat yang dapat digunakan untuk bootable seperti Rufus, UNetBootin, PenDriveLinux, LinuxLiveUSB, Fedora LiveUSB Creator dan banyak lagi. Semua software ini dapat di download dengan gratis dan cara penggunaanya pun sangat sederhana. Disini saya sarankan sobat untuk menggunakan Rufus dan pastikan sobat sudah memiliki file ISO dari Linux yang ingin digunakan.

NOTE : Membuat USB menjadi bootable untuk menginstall Linux akan menghapus semua data yang ada pada Flashdisk, jadi sebaiknya backup terlebih dahulu Flashdisk sobat.

Langkah – Langkah Install Linux Menggunakan USB Flashdisk :

1. Buka software Rufus dan pilih penggunaan Bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami. Pengubahan bahasa dapat sobat lihat pada gambar ibawah ini.

 

Pilih Bahasa Rufus

 

2. Setelah memilih bahasa, sekarang sobat bisa langsung menggunakannya, jika belum memahami betul, perhatikan gambar dibawah ini.

 

Rufus

 

3. Pada sesi terakhir ini sobat harus memilih file ISO dari OS Linux yang akan diinstall. Untuk memasukannya ke dalam Rufus, sobat perlu mengklik nomor 3 pada gambar diatas.

4. Tekan Mulai dan secara otomatis Rufus akan menjadikan Flashdisk sobat bootable.

5. Selesai!

Untuk menjalankannya dikomputer atau laptop yang ingin diinstall Linux, sobat perlu mencolokkan Flashdisk ke komputer dalam keadaan komputer mati. Kemudian nyalahkan komputer dan masuk ke dalam pengaturan BIOS dengan menekan HotKey pada keyboard sobat seperti F1, F2 atau Del (setiap komputer dan laptop memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke dalam BIOS). Selanjutnya pilih First Boot menggunakan Flashdisk seperti gambar dibawah ini.

 

Booting via USB Flashdisk

 

Jika berhasil booting melalui Flashdisk akan muncul tampilan welcome dari Linux yang sobat gunakan tapi jangan senang dulu, itu hanya tampilan awal dan sobat perlu menginstallnya ke Harddisk jika ingin menggunakannya secara penuh. Pada tahap ini sobat harus berhati-hati untuk menginstallnya pada komputer atau laptop pastikan membaca setiap langkah dengan cermat saat proses installasi berjalan.

Sangat mudah dan sederhana bukan?

Link Download Tools :

Rufus : https://rufus.akeo.ie
UNetBootin : https://unetbootin.github.io
PenDriveLinux : http://www.pendrivelinux.com
LinuxLiveUSB : http://www.linuxliveusb.com
Fedora LiveUSB Creator : https://fedorahosted.org/liveusb-creator/
File Linux ISO : 10 Linux OS Paling Populer Dan Banyak Diminati

Artikel Terkait Yang Menarik :

Kamu Pilih XAMPP atau WebMatrix? Sebagai web developer tentu sudah sangat familiar dengan kedua nama yang akan kita bahas dibawah ini. Tentu, XAMPP dan WebMatrix a...
Endless OS Linux Paling Ringan Endless OS adalah sistem operasi (OS) yang dirancang khusus untuk wilayah yang tidak terjangkau internet dengan segudang aplikasi ...
Kali 2017.1 Telah Dirilis Salah satu distro Linux paling terkenal Kali kini sudah merilis versi terbaru mereka yaitu Kali 2017.1 dimana pada versi ini ada b...
Cara Install FFMPEG Pada Server Linux CentOS Seperti yang kita ketahui, FFMPEG adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengkoversi dan membuat streaming video pa...
10 Linux OS Paling Populer Dan Banyak Diminati Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan...
Bagikan artikel ini ke : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on Tumblr

SOGEL

Penjelajah internet dan pencari informasi terbaru mengenai kabar dunia teknologi. Membuat situs web adalah hobi dan kopi hitam kadalah minuman kesukaan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *