Jangan Ganti ROM Xiaomi Kamu!

Judul artikel ini memang agak membentak, tapi ini adalah satu cara agar pengunjung bisa membacanya dan kenapa bisa begitu harus.

Mi Bunny Adorable

Beberapa tahun sudah saya menggunakan smartphone buatan negeri tirai bambu ini dan beruntungnya belum ada masalah yang berarti. Pertama kali saya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 2 di tahun 2015 dan sekarang Mi 4c dimana smartphone murah ini sering disindir karena virus adware yang sulit dijinakkan.

Bicara soal adware, di beberapa smartphone Xiaomi yang tidak resmi dijual di Indonesia memang di suntikkan virus iklan ini. Siapa yang melakukan? Tentu saja vendor lain yaitu distributor. Di dalam smartphone Xiaomi yang ilegal hampir semuanya (mungkin semua) sudah terkena imbas yang menjengkelkan ini. Virus adware ini tidak merusak software atau hardware smartphone tapi, dengan adanya adware ini membuat jengkel karena selalu menampilkan iklan yang tidak relevan seperti iklan ajakan untuk download game atau aplikasi yang tidak kita ingin. Bahkan beberapa ada yang lebih parah karena selalu download aplikasi atau game secara otomatis. Hal ini tentu selain merepotkan, menjengkelkan juga merugikan sebab kuota internet akan terus berkurang setiap kali adware mendownload otomatis.

 

Xiaomi Mi4 Adware
Xiaomi Mi 4 Adware (Source: THN)

 

Jika kamu memiliki smartphone Xiaomi yang sudah diselipkan adware seperti itu, saya yakin kamu akan mencari cara untuk menghapusnya, betul? Kamu pasti akan masuk ke Forum Xiaomi dimana rata-rata moderator dan member lainnya menyarankan untuk mengganti ROM, betul kan?

Apakah kamu tau efek samping dari mengganti ROM?

Apabila kamu belum mengetahuinya, saya akan jelaskan beberapa efek samping dari mengganti ROM Xiaomi dibawah ini.

1. Hilangnya Bahasa Indonesia

2. Tidak Mendapatkan Sinyal 4G

3. Tidak Bisa Download atau Update Aplikasi dan Game di Playstore

4. Smartphone Cepat Panas

5. Baterai Cepat Habis

6. Fast Charging Tidak Berfungsi

7. Kamera Kurang Jernih

8. Sering Force Close

9. Bootloop

10. Rusak

Itulah kemungkinan-kemungkinan yang akan kamu hadapi saat mengganti ROM Xiaomi, memang tidak semua orang akan mendapat masalah seperti itu tapi itulah masalah yang akan timbul jika kamu salah dalam memilih ROM atau kesalahan dalam melakukan pergantian ROM. Beberapa efek samping dari mengganti ROM sudah bisa kalian baca dengan jelas diatas sekarang, apakah kamu masih mau mengganti ROM?

Sebenarnya masalah kamu hanyalah untuk menghilangkan adware, dan setelah ganti ROM adware memang hilang, tapi… masalah lebih serius dan banyak sudah menanti beberapa hari, minggu atau bulan kedepan. Pilih ada adeware atau pilih masalah yang bertubi-tubi? Itu semua tergantung pada pilihan kamu ya. 😀

Tujuan saya membuat artikel ini bukan untuk menakut-nakuti kamu yang ingin mengganti ROM, tapi sudah banyak bahkan sangat banyak pengguna Xiaomi yang mengalami hal-hal diatas setelah melakukan pergantian ROM. Beberapa diantaranya saya buktikan dalam bentuk screenshot dibawah ini, mohon diperhatikan.

 

Problem Xiaomi Mi Phone 1

 

Problem Xiaomi Mi Phone 2

 

Problem Xiaomi Mi Phone 3

 

Problem Xiaomi Mi Phone 4

 

Problem Xiaomi Mi Phone 5

 

Problem Xiaomi Mi Phone 6

Itu hanya beberapa korban, kamu masih bisa menemukan korban-korban lainnya di Grup Facebook, Twitter ataupun Forum Xiaomi.

Mungkin kamu akan berfikir mengapa Xiaomi membuat smartphone berisi adware? Stop berfikir seperti itu mulai sekarang! Xiaomi membuat smartphone nya benar-benar bagus, canggih dan murah tapi tanpa adware, seperti yang saya sebutkan diawal artikel, virus adware ini disuntikkan oleh distributor bukan oleh Xiaomi.

Why? Karena tidak semua seri smartphone Xiaomi masuk ke Indonesia secara legal, maka dari itu banyak pihak-pihak distributor yang ingin memanfaatkan momen ini.

Next, dari pemasangan adware itulah distributor mendulang pundi-pundi rupiah.

Mana mungkin? Mungkin, karena setiap adware adalah iklan, distributor yang memasang adware akan mendapatkan hasil (uang) dari promosi iklannya dalam bentuk adware.

Sampai disini kamu pasti merasa telah tertipu membeli smartphone Xiaomi. Tidak! Kamu tidak tertipu, karena ini bukanlah kesalahan kamu maupun Xiaomi tapi kesalahan dari distributor yang ingin meraup untung sebesar-besarnya.

Awal membeli Mi 4c, saya sangat kaget karena smartphone baru ini belum pernah saya gunakan untuk browsing ataupun download di internet. Akhirnya saya cari tau di berbagai sumber dan mendapatkan banyak saran untuk mengganti ROM. Kebetulan cara mengganti ROM Xiaomi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, caranya cukup memakan waktu dan yang pasti repot. Saya pikir 2x untuk melakukan hal itu dan tetap membiarkan adware bersarang di smartphone.

 

Xiaomi Malware

 

Sekitar satu minggu berselang saya penasaran untuk mencari tau cara untuk menghilangkan adware ini tanpa harus mengganti ROM dan tanpa otak-atik yang merepotkan. Alhasil saya mengingat salah satu software anti-malware untuk komputer yang menurut saya terbaik dikelasnya. Saya cari nama software tersebut di Playstore dan ternyata ada. Software ini bernama Malwarebytes dimana penggunaannya sangat mudah dan sederhana. Akhirnya saya install Malwarebytes dan mulai menggunakannya.

 

Malwarebytes for Android
Malwarebytes for Android
Developer: Malwarebytes
Price: Free+

Info : Saat pertama kali mendownload Malwarebytes, kamu akan otomatis mendownload database anti-malware mereka dan itu tergantung koneksi internet kamu cepat atau lambatnya. Tunggu saja.

 

Setiap kali kamu membuka Malwarebytes akan melakukan pembaharuan database dimana fitur ini disebut sebagai Cloud Scanning. Sistem anti-malware mereka tidak terinstall di smartphone kita, tapi smartphone kita di scan secara online dari server Malwarebytes. Cara ini tergolong teknologi terbaru dan canggih yang juga sudah digunakan oleh beberapa merek Antivirus terkenal untuk komputer sebut saja Avast, Avira, Norton, Kaspersky, Trendmicro, dll.

Setelah update database selesai, saya lakukan scan dengan Malwarebytes dan hasilnya adalah dua adware bersarang permanen di Weather dan Catatan. Kedua aplikasi tersebut adalah asli bawaan Xiaomi yang tidak bisa dihapus tanpa akses root.

 

Adware Xiaomi
Adware Mi 4c (c) sogellizer.info

 

Sampai disini saya mulai melihat jalan terang kedepan karena sudah mengetahui dimana lokasi virus adware itu bersarang. Meskipun nama virus ini terdeteksi sebagai Trojan dan Riskware tapi tetap ini adalah adware yang tugasnya menampilkan dan mendownload konten yang sama sekali tidak kita inginkan.

Bicara soal root, ada satu aplikasi untuk melakukan root dengan mudah tanpa harus menggunakan komputer. Aplikasi ini juga sudah sangat saya percaya karena beberapa smartphone teman-teman saya sukses di root dengan aplikasi ini. Ya, Kingroot namanya! Salah satu aplikasi rooting terbaik yang telah diakui oleh jutaan pengguna Android di dunia.

Official Kingroot Website : https://kingroot.net

Saya putuskan untuk menginstall dan menjalankan fungsi rooting-nya. Ulala….. Cukup menunggu beberapa menit saat proses berlangsung, Mi 4c ternyata bisa dengan mudah di root dengan Kingroot tanpa masalah atau kendala apapun.

Saat setelah berhasil ter-root saya langsung cari aplikasi untuk menghapus aplikasi sistem yang umumnya tidak dapat dihapus. Pilihan saya jatuh kepada System App Remover dimana aplikasi ini sudah lebih dari 10jt yang download di Playstore. Tanpa pikir panjang tapi penuh keyakinan, langsung saya hapus saja aplikasi yang terinfeksi virus adware tersebut dan it’s work! Adware yang bandel itu lenyap seketika tanpa sisa.

 

System app remover (ROOT)
System app remover (ROOT)
Developer: Jumobile
Price: Free

 

Dilain sisi, aplikasi bawaan Xiaomi yaitu Weather dan Catatan hilang dari smartphone saya. Tapi itu bukan masalah menurut saya, yang penting virus adware tersebut sudah hilang. Sampai artikel ini saya tulis, adware tersebut tidak kunjung kembali. Karena saya yakin adware itu telah lenyap selamanya, saya putuskan untuk mengembalikan smartphone seperti awal mula dengan mencopot aplikasi System App Remover dari smartphone, kemudian melakukan un-root dari menu Kingroot dan mencopot aplikasi Kingoroot setelah un-root berhasil. Tahap terakhir adalah melakukan scan lagi dengan Malwarebytes untuk meyakinkan smartphone saya clean dari adware atau virus lainnya.

Enam bulan berlalu setelah kejadian itu, virus adware itu tak kunjung kembali dan Malwarebytes masih tetap menjadi aplikasi kemanan numero uno di smartphone saya.

Sekedar informasi tambahan, untuk menghentikan adware tanpa harus menghapus aplikasi bawaan Xiaomi caranya sangat sederhana dan mudah. Kamu hanya perlu mengatur permission internet dengan cara un-check aplikasi yang terinfeksi adware. Berikut cara untuk non-aktifkan internet.

Buka Security > Data Usage > Restrict data usage > System hilangkan ceklis pada aplikasi yang terinfeksi adware, misalnya seperti gambar dibawah ini saya un-check pada aplikasi File Manager.

 

Network Assistant Xiaomi
Permission Internet Default App Xiaomi (c) sogellizer.info

 

Dengan begitu adware tidak akan memunculkan iklan karena aplikasi yang terinfeksi tidak diberikan akses internet sedangkan adware perlu internet untuk memunculkan iklannya. Tapi, jika adware menginfeksi aplikasi yang harus menggunakan internet seperti Weather atau Browser, berarti kamu memang harus menghapusnya. Sebab biarpun kamu tidak memberikan akses internet ke Weather atau Browser default Xiaomi, aplikasi itu jadi tidak ada gunanya atau tidak berfungsi seperti seharusnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa berbagi ke sosial media siapa tau saudara atau teman kamu ada yang membutuhkan.

Artikel Terkait Yang Menarik :

Tips Atasi Lag Saat Main Let’s Get Rich Di Komputer Let's Get Rich adalah salah satu game buatan Netmarble yang ditenarkan oleh LINE Corporation. Game yang menceritakan tentang p...
10 Android Emulator Untuk Laptop dan PC Untuk sobat yang ingin memainkan game atau menjalankan aplikasi Android pada laptop atau pc kini bukan hal aneh lagi. Semenjak...
Cara kirim File dari Android ke PC tanpa Kabel USB dan Internet Kirim file gambar, musik, video, dokumen dan aplikasi ke komputer atau Mac dari Android kini sudah bukan hal aneh. Bahkan, sej...
Cara Menggunakan Banyak Akun COL2 Di Satu HP Clash Of Lords 2 adalah game yang memiliki genre RPG yang saat ini menjadi pesaing berat untuk beragam game RPG lainnya. Clash Of ...
Forum Xiaomi Indonesia Telah Hadir! Bagi kamu pengguna smartphone dan gadget Xiaomi kini sudah tidak perlu khawatir lagi untuk bertanya mengenai masalah-masalah yang ...
Bagikan artikel ini ke : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on Tumblr

SOGEL

Penjelajah internet dan pencari informasi terbaru mengenai kabar dunia teknologi. Membuat situs web adalah hobi dan kopi hitam kadalah minuman kesukaan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *