Cara Mencegah Virus WannaCry


Saat ini di hampir lebih dari 75 negara di dunia telah terinfeksi virus jenis terbaru yang mengunci file-file penting yang ada pada komputer. Virus ini bernama WannaCry (WCry) yaitu jenis virus Ransomware dimana jenis virus ini sedang hangat dibicarakan dan menjadi senjata favorit peretas komputer.

 

WannaCry Ransomware

 

Virus ini menginfeksi melalui celah keamanan Windows melalui internet. Berbeda dengan virus pada umumnya, WannaCry mengenkripsi seluruh file dan dokumen yang ada pada komputer kamu. Mereka tidak merusak atau menghapusnya, tapi kamu harus membayar sebesar $300 (tiga ratus dolar) atau setara dengan Rp 4jt untuk membuka enkripsi virus tersebut. Pembayaran melalui Bitcoin dimana pengguna virtual bank ini tidak dapat terdeteksi oleh pemerintahan dan sulit untuk diungkap siapa pemilik akunnya.

Beberapa situs berita dunia seperti BBC dan Dailymail juga mengulas seputar virus yang sangat berbahaya ini, bahkan Kominfo juga menghimbau untuk melakukan tindakan pencegahan dari virus ini melalui siaran press. Banyak situs berita asing lainnya melaporkan bahwa saat ini virus WannaCry telah mengunci ratusan ribu komputer di seluruh pelosok dunia. Tak luput juga komputer milik pemerintahan dan organisasi yang memiliki data penting. Selain itu, komputer milik sekolah, universitas dan transportasi juga terkena dampaknya.

 

WannaCry Attack Stasiun Kereta Jerman
Komputer Stasiun Kereta Jerman Yang Terinfeksi WannaCry (Source : THN)

 

WannaCry Attack Komputer Universitas
Komputer Universitas Yang Terinfeksi WannaCry (Source : THN)

 

Saat ini belum ada antivirus yang memiliki fitur untuk menghapus WannaCry atau Anti WannaCry Ransomware dalam enginnya. Tapi jangan berkecil hati, ada beberapa cara dan software gratis untuk menghindari kamu dari virus WannaCry ini.

 

Bagaimana Cara Mencegah Virus WannaCry?

1. Pertama-tama, jika kamu belum menambal celah keamanan di Windows dan Windows Server, update keamanan (MS17-010) sekarang juga. Lebih sederhananya, update pembaharuan Windows kamu seluruhnya se-segera mungkin.

2. Untuk melindungi komputer kamu dari infeksi Ransomware dan virus semacam itu, Kamu harus selalu waspada dan wajib mencurigai file atau dokumen yang tiba-tiba ada di komputer, atau dokumen yang ada pada email kamu. Jangan mengklik link di dalam dokumen tersebut kecuali kamu tau alamat itu dan percaya sumbernya.

3. Selalu rutin untuk mencadangkan semua file dan dokumen penting kamu. Simpan mereka di situs penyimpanan awan (Cloud Backup) atau di harddisk eksternal yang aman.

4. Pastikan selalu untuk mengupdate database antivirus yang aktif di komputer kamu, dan yang terpenting gunakan keamanan saat menjelajahi internet.

Beberapa tips diatas bisa kamu lakukan untuk terhindar dari virus WannaCry Ransomware.

Sesaat browsing di internet, saya juga menemukan salah satu perusahaan keamanan Cybereason yang menciptakan Anti WannaCry Ransomware dan alangkah beruntungnya, software ini sepenuhnya gratis bagi kamu yang membutuhkan.

Official Website Anti WannaCry Ransomware : https://ransomfree.cybereason.com

Anti WannaCry Ransomware tersebut dapat mendeteksi dan menangkal virus WannaCry yang ingin masuk ke komputer kamu. Baca penjelasan mengenai fitur dan manfaat lebih lengkap mengenai software ini pada blog resmi mereka disini.


UPDATE 15 MEI : Non-aktifkan Fitur SMB pada Windows kamu dengan cara klik Pencarian kemudian ketikkan “Windows Features” tanpa tanda kutip, kemudian hilangkan tanda ceklis pada SMB 1.0/CIFS File Sharing Support seperti gambar dibawah ini.

 

Disable SMB
Non-aktifkan SMB 1.0 pada Windows

 

Cara terbaru ini dapat mencegah WannaCry yang akan menginfeksi komputer kamu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya. Mungkin teman atau keluarga kamu membutuhkan cara menangkal virus ini. 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

10 Antivirus Gratis dan Terbaik Untuk Komputer Perkembangan dunia teknologi semakin hari semakin canggih bahkan beberapa hal yang tidak mungkin kini telah menjadi mungkin atau s...
Cara Backup Dan Restore OS Bootable Bagi sobat yang gemar gonta ganti OS (Operating System) pasti tahu betul cara untuk membuat Bootable OS ke Flashdisk. Nah cara...
Rilis: WannaCry Decryption Tools Seminggu sudah virus WannaCry yang berjenis Ransomware ini mendunia dan hangat di bicarakan oleh berbagai situs berita termasu...
Never10: Software Untuk Menonaktifkan Auto Update WIndows 10 Banyak keluhan dari pengguna tentang Windows 7 dan 8.1 yang auto update ke Windows 10 tanpa mereka inginkan dan hal ini benar-...
Cara Mengatasi Error 0xC004C003 Pada Windows 10 Pernah mengalami error 0xC004C003? Jika pernah berati kita sama 😀 Error 0xC004C003 disebabkan oleh Key Activation Windows ...
Bagikan artikel ini ke : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on Tumblr

SOGEL

Penjelajah internet dan pencari informasi terbaru mengenai kabar dunia teknologi. Membuat situs web adalah hobi dan kopi hitam adalah minuman kesukaan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *